BIKIN WEBSITE/BLOG

Bikin website cuma butuh 5 hal: domain, hosting, CMS, konten, dan kesabaran. Yang paling akhir sangat penting. Kalo gapercaya coba aja sendiri.

Dengan track record pernah di hack 2 kali, jonoterbakar.com kini kembali dalam wajah lebih segar dan sederhana. Supaya kalo dihack ga sedih-sedih amat haha.

Saya coba jelaskan satu per satu ya.

DOMAIN adalah jonoterbakar.com atau kaskus.us atau bukalapak.com. Domain adalah yang memberi website kita nama. Domain bisa dibeli di para penjaja domain, kalau saya suka beli di Idwebhost. Beli aja lewat link ini, biar saya dapat komisi. Harganya sekitar 120k/tahun untuk domain .com. Yang murah ada domain .web.id cuma 60k/tahun. Atau bisa pake domain yang lagi promo semacam .xyz 9k/tahun. Tapi jangan marah kalo tahun depan tagihannya 200k/tahun. Namanya juga promo pasti ada udang dibalik tom yum.

HOSTING adalah server tempat kita naruh file. Jadi ketika seseorang akses jonoterbakar.com, ia sejatinya sedang ndonlod data dari hostingan saya. Jono Terbakar pakai Cloud Kilat harganya 55k/bulan. Ini cukup mahal tapi keuntungannya bisa dipake web-web saya yang lain tanpa batasan kuota.

CMS kuwi opo? Kependekan dari Content Management System. Sudah pernah dengar kata “WordPress” atau “Blogger”. Nah itu nama CMS. Jadi dengan adanya CMS kita gaharus bisa coding njelimet. Semuanya sudah dalam bentuk form yang memudahkan. Kaya kalo kita bikin akun di tokopedia gitulah. Kita bisa upload fotonya, dll.

KONTEN jangan lupa. Buat apa punya website atau blog tapi kosong. Konten bisa berupa tulisan, foto, dll.

Sudah saya jelaskan kelima unsur diatas. Sekarang untuk memudahkan saya akan membuat tutorial singkat cara bikin web dengan domain dan hosting yang dibeli di Cloud Kilat.

  • Bikin akun di cloudkilat.com
  • Ketik nama domain dan kalau tersedia dibeli dan dibayar. Sekalian beli hostingnya. Untuk pembelian saya gamau bikin tutorialnya wkwk
  • Kalau sudah terbeli semua, masuk ke control panel. Lalu submitkan nama website dan install WordPress di websitemu
  • WordPress sudah terinstal tinggal disetting demi kenyamanan pembaca dan diisi dengan konten-konten hoax dan plagiat untuk dapat dolar dari adsense. Dasar! Pantes blog dari Indonesia banyak yang sampah isinya! #curhat

Ini cuma sedikit bayangan saja. Punya website sama dengan punya rumah, kalau jarang ditengok bisa kotor, dimaling, ada hantunya, dll. Udah bikinnya sulit (saya belajarnya lama sampai akhirnya sekarang jadi webmaster jonoterbakar.com #nggaya), ngelolanya lebih sulit lagi.

Engga ding gaada yang sulit. Soalnya kamu bisa hubungi Jono Terbakar untuk membuat website/blogmu. Selain jasa pertunjukan, Jono Terbakar ternyata jug sebuah perusahaan all you can do wkwk. Kapan kapokmu ngikuti Jono Terbakar.

Yogyakarta, 26 September 2019

Nihan Lanisy

0