PRESS RELEASE UNTUK BAND DAN YANG BUKAN

Press release tu apa sih? Ntu adalah rilisan pers. Sesuatu yang dikirim oleh band ke media-media untuk mengabarkan sesuatu.

Misal lagi rilis album. Band itu akan menulis sebuah rilisan pers berisi kabar-kabar yang mau disebarkan seperti judul album, waktu rilis, bisa didengarkan dimana, sampai dibiayai siapa (kalau memang ingin diungkapkan). Dengan adanya press release, media bisa dapat bahan berita. da media yang langsung copas namun ada juga yang menuliskan lagi.

Karena banyak media yang copas, ada baiknya nulis press releasenya yang baik. Dari alur cerita, tanda baca, dan lainnya. Jadi istilahnya kita ngirim sesuatu yang sudah siap dipublikasikan.

Saya kasih contoh press release Jono Terbakar ya. Ini bisa dicontoh bisa juga tidak. Kalau mau ngritik, saya malah senang. Biar bisa belajar lagi.

Secara umum, press release dikirim dalam format .pdf melalui email. Perlu disertakan pula foto yang terkait. Kalau rilis single bisa juga disertakan file .mp3 atau link untuk streaming. Jadi semakin lengkap semakin baik. Pewarta jadi bisa dapat banyak informasi untuk diolah.

Sebaiknya mengirim email secara satu per satu. Kalau Jono Terbakar menggunakan plugin Yet Another Mail Merge di Google Sheets. Jadi kami bisa ngirim email secara customized ke tiap-tiap media.

” dear redaksi {{nama media}}” gitu lah.

Dan yang paling penting jangan lupa menuliskan sesuatu di body email. Isinya suratnya apa. Kalau saya biasanya perkenalan lalu penjelasan singkat tentang kabar yang saya kirimkan.

Ohya, satu lagi yang tidak kalah penting, jangan lupa disisipkan (attach) file-filenya ya. Saking semangatnya email sudah sampai tapi sisipannya masih ketinggalan wkwk.

Kalau bingung untuk menulis atau menyebarkan, kamu bisa minta bantuan teman-teman persma atau jurnalis-jurnalis disekitar. Mereka lebih paham dan insyaAllah lebih punya koneksi di persilatan media.

Jadi kalau mau kabarmu diketahui dunia, mulailah menulis rilisan pers dan menyebarkannya

Yogyakarta, 26 September 2019

Nihan Lanisy

0