2020 BEBAS CALO

Awal bulan kemarin, saya bersinggungan dengan f*****uckin calo. Saya nitip seorang teman untuk mengurus STNK 5 tahunan. Sialnya, teman saya tanya sama orang yang salah di Samsat. Harusnya cuma bayar 383.000, tagihannya 630.000. Rasanya seperti tertipu.

Percaloan adalah sebuah hal yang nyata. Lihat di terminal dan samsat. Yang saya bingung, negara ini lemah sekali dalam menghadapi calo. Jelas siapa orangnya, jelas bagaimana perilakunya.

Siang ini, dari lantai 2 Terminal Baranangsiang saya melihat seorang bapak tua berjalan membawa 2 kerdus besar. Tiba-tiba seseorang menghampiri dan tanpa acc si Bapak, salah satu kardusnya diambil dan diangkatkan. Si calo lalu ambil alih kemudi, Bapak itu harus mengikutinya ke loket. Semoga pengamatan jarak jauh saya ini salah ya. Semoga tak terjadi percaloan #pitikih

Kalau mau membela wong cilik: Berantas Calo. Kasihan banyak orang harus membayar 2-4x lipat (mungkin) cuma gara-gara tanya “Bis ke jogja yang mana ya?”. Kasihan sekali melihat orang-orang yang tidak tau bahwasanya jangan dijawab kalau calo-calo di terminal tanya “mau kemana?”.

Kalau tidak percaya cek kolom-kolom komentar di youtube tentang video -video calo. Tapi jangan percaya-percaya amat, post-truth bro!

Indramayu, 12 Desember 2019

Nihan Lanisy

0