Kamu Jahat di Dunia Maya

Website jonoterbakar.com pernah di hack 3 kali. Ketiganya membuat saya lebih waspada dan jadi cape lagi karena belum sempat bikin backup harus bikin website dari awal lagi. Yang terakhir, hackernya dari turki. Tulisannya turki dan ada lagu turki yang diputar, salam kenal ya mas hacker. #prek.

Beberapa hari yang lalu, website ini diakses lagi oleh seseorang. Tiba-tiba saya dapat email bahwa ada user akses dari Sleman, Yogyakarta. Saya langsung sigap mengganti username dan password, serta me-logout semua user yang sedang logged in.

Kalau teman-teman mau tips keamanan dunia maya: PAKAI PASSWORD YANG NJELIMET. Kadang ini jadi senjata makan tuan, karena kita bisa lupa sendiri. DICATAT! ini hal mutlak.

Kasus di website jonoterbakar.com pernah di hack 3 kali karena 1) aplikasi dan plugin tidak diupdate, 2) menggunakan username: admin (mudah ditebak), dan 3) password lemah. Ada-ada saja cara orang membobol.

Hacker adalah ancaman yang nyata. Saya bisa bilang begini karena saya juga hacker, tapi jangan bilang siapa-siapa ya kalau saya bohong.

Untuk lebih memperjelasnya, ancaman di dunia maya saya contohkan melalui kasus berikut. Beberapa hari yang lalu saya dapat email. Email promosi dari sebuah website yang menjual jasa Negative SEO. Jasa itu digunakan untuk melemahkan suatu website. Jadi dengan skema tertentu, mereka akan mengirim beberapa hal yang membuat ranking sebuah website turun di google, yang mana akan menjadi semakin sulit dicari pada mensin pencari.

Sudah jahat, harganya tidak mahal lagi. Saya tiba-tiba teringat santet karena email itu. Ternyata londo-londo itu juga main santet. Santet di ranah dunia maya, yang mungkin dukun-dukun di Indonesia juga kebingungan untuk menangkalnya. Yang diserang websitenya, bisa-bisa malah dibalas ke orangnya hahahha.

Kita tak perlu takut. Tidak ada yang abadi di dunia ini kok hehe :*

Bogor, 7 Desember 2019
Nihan Lanisy

______
Bikin website di studio.jonoterbakar.com ya

0